Trasidi Mudik bangsa ini??

Sudah menjadi tradisi ketika menjelang hari raya idul fitri maka rakyat di negri ini berbondong-bondong melakukan tradisi mudik ke kampung halaman, suatu menjadi keunikan dan problematika setiap tahunnya. Banyak suka dan duka di saat tradisi mudik ini semua rakyat di negri ini rela bermacet-macetan atau berkonvoi motor dengan membawa anak dan istrinya untuk sekedar pulang ke kampung halaman hal yang di nilai baik di saat mudik ini betapa pentingnya arti silaturahmi dan kekeluargaan di masyarakat kita dengan merogoh kocek lebih dalam,segala oleh-oleh di beli, hanya untuk bertemu saudara dan keluarganya di rumah namun ada juga hal yang miris terjadi saat mudik lebaran ini pencurian,kecelakaan,kemacetan.polusi semuanya meningkat saat terjadinya mudik. Fasilitas transportasi dan insfratuktur yang kurang memadai membuat polemik kemacetan selalu terjadi walaupun pemerintah sudah memberikan perhatian terhadap tradisi masyarakatnya ini namun masih kurang cukup.
Hal-hal yang harus di perhatikan selain problematika di atas mudik acap kali membuat etika dan etos kerja bangsa ini kurang terlihat dari banyaknya PNS yang masih mangkir kerja karena masih ingin berkumpul bersama keluarga di kampung halaman di tambah apabila masyarakat itu kembali ke kota biasanya membawa saudara atau temannya untuk bersama-sama mengadu nasib hidup di jakarta hal ini yang mengakibatkan kota-kota besar seperti jakarta menjadi pusat kepadatan dan kemacetan.
Sudah menjadi pekerjaan kita bersama untuk menjadikan tradisi mudik ini untuk bersama-sama menjalin silaturahmi dan kekeluargaan namun dengan meminimalisir segala problematika yang terjadi.

2 comments:

Merr agatha said...

Yep bener banget!!! Mudik ada mineus plus nya haha...

Tapi kalo menurut aku nih ya, mendingan pas mudik itu ga ada yang pake motor. Soalnya motor yang kecil2 itu cuma bisa nampung 2-3 orang (yang 4 namanya nekat). Mending semuanya naik kendaraan gede. Kayak bis, pesawat, kapal, angkot.

=p

pmanz said...

:D ..

kenapa pake motor???
it's simple bisa masuk gang2,, nyelip2nya gmpang n yaaa mau gmna lgi adanya motor n hemat kali ya hahaha =p

Post a Comment